Rabu, 25 Juli 2007

Jatinagor Festival 2007

Kemarin perjalana cukup panjang...dari sebuah cita-cita kecil terwujud sudah..JATINANGOR FESTIVAL digelar sudah. meski panitia berjalan tertatih-taih dengan dana yang sangat minim dan minimnya support pemda setempat, tapi justru menjadi tantangan bagi para pantia yang umumnya adalah mahasiswa UNPAD dari berbagai Fkultas, Jurusan, suku dan agama yang berbeda beda. dasar kegiatan itu mungkin sederhana saja, adalah ingin mengangkat kebudayaan setempat dan memberikan penganugrahan kepada budayawan dan seniman lokal yang banyak berjasa dalam menjaga dan mengembangakn budaya seni Sunda sebagai budaya dominan di jatinagor. Dalam hal ini, setidaknya kegiatan itu membuktikan bahwa para mahasiwa UNPAD sangat peduli terhadap masyarakat sekitar kampus dan terutama peduli dalam menjaga kelestarian Kebudayaan bangsa. Saya merasa bangga dengan semangat para panitia yang bekerja tanpa pamrih, meski disela-sela kesibukan UAS, liburan dan aktivitas sehari-hari lainnya. Ditengah tragedi ironis, dimana adanya segrombolan mahasiswa yang mengeroyok masyarakat setemapt bahkan sampai meninggla, terlepas dari faktor yang meletarbelakanginya, bagi saya, meski kematian adalah Takdir yang maha Kuasa, tapi sebab akibat "kebrutalan" sikap mahasiswa sampai korban meninggal adalah tidak benar.
Tanpa berpretensi negatif terhadap sesama civitas akademika kampus "tetangga", saya menghimbau, hilangkan sikap kekerasan dalam dunia pendidikan terutama di kampus yang akan mencetak kader-kader bangsa yang akan menjadi pemimpin masyarakat. apalagi Perguruan tinggi dan mahasiswa tersebut dibiayai oleh "keringat" rakyat Indonesia.
Ke depan mudah-mudahan Jatinagor Festival yang menampilkan lomba film dokumenter, foto-foto seputar kampus jatinangor, lomba jaipong, kawih, mendongen anak-anak, juga pergelaran seni tradisi Sunda bisa menjadi lebih semarak lagi di tahun mendatang. Lebih dari itu semoga : Para Pemimpin Rakyat Jawa Barat SUNGUH-SUNGGUH mencintai dan mengembangkan kebudayaan SUNDA sebagai salah satu penyokong Kebudayaan Nasional. Disamping SUNGGUH-SUNGGUH memperhatikan tradisi masyarakat dengan segenap aspek kehidupannya di tengah arus GLOBALISASI yang terus masuk ke pelosok-pelosok negeri ini. MERDEKA !!!MAHARDIKA !!! BEBASKAN INDONESIA DARI PENJAJAHAN IDEOLOGI BANGSA ASING APAPUN ITU !!! BERDIKARI DAN BANGKITLAH INDONESIAKU !!!

Tidak ada komentar: